Kemiskinan di Indonesia

Indonesia adalah negara yang kaya jika dilihat dari sumber daya alamnya. Namun pengolahan negara yang salah membuat negara ini tereksploitasi dan terpuruk. Hal ini menyebabkan sumber daya manusia dan sumber daya alam tak seimbang dalam pengolahannya. Kemiskinanpun terus melanda negeri ini. Cepatnya pertumbuhan penduduk dan lambatnya peluang pekerjaan untuk seluruh penduduk Indonesia menyebabkan kemiskinan. Belum lagi korupsi yang meraja lela dikalangan pemimpin bangsa ini sendiri yang memakan uang rakyat, hukum yang dapat dibeli, tidak adanya keadilan antara rakyat miskin dan kaya, tidak terkontrolnya daerah-daerah terpencil, tidak ratanya pendidikan dan masih banyak lagi faktor-faktor lain yang menyebabkan kemiskinan. Kondisi buruk ini sedang melanda Indonesia dan belu tahu kapan negara berkembang ini menjadi negara maju. Bila mengingat pendiri bangsa yang mendasarkan bangsa ini dengan Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Sumpah Pemuda dan lain sebagainya, negara ini adalah negara yang berpotensi menjadi negara kaya yang benar-benar kaya secara sumber daya alam atau sumber daya manusia.

Contoh keadaan miskin di negara ini banyak dan kompleks. Dimulai dari lingkungan sekitar, pasti ada keluarga yang tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari atau mendapat masalah ekonomi. Bila lihat dijalan-jalan, maka akan banyak pengemis, pengamen, anak jalanan, baik yang kondisi fisiknya sempurna ataupun tidak sempurna. Seseorang yang berasal dari keluarga miskin misalnya, mengalami cacat fisik karena tidak punya uang untuk berobat sehingga menyebabkan cacat fisik yang mau tak mau ia mencari uang dengan mengemis dijalan. Penangkapan ikan secara illegal oleh nelayan nusantara dengan menggunakan bahan peledak secara besar-besaran dapat berdampak pada laut, mencemari laut, merusak laut dan biota laut. Mereka melakukan itu karena dampak dari kemiskinan sehingga mereka mencari alternatif lain untuk mendapatkan ikan berkali-kali lipat dengan keuntungan berganda pula didorong oleh pemenuhan kebutuhan yang semakin meningkat.

Faktor ekonomi, sosial, geografis, politik dan lain sebagainya adalah faktor yang memengaruhi kemiskinan. Jenis kemiskinan di Indonesiapun begitu banyak bila dijabarkan. Kemiskinan di desa dan kota tentu saja berbeda karena lingkungan dan peluang yang berbeda. Pembagunan di Indonesia dipusatkan pada kota dan kurangnya pembangunan didesa sehingga tidak meratanya fasilitas, infrastruktur, pelayanan masyarakat, pendidikan, peluang kerja dan lain sebagainya yang menyebabkan kemiskinan didesa. Kondisi lain misalnya eksploitasi hutan yang berdampak merusak ekosistem dan membuat warga sekitar yang menggantungkan pencariannya dengan hutan tersebut tidak mempunyai penghasilan lagi, bahkan menyebabkan banjir dan berdampak pada warga sekitar. Kasus lain adalah lingkungan perkotaan yang terjadi pencemaran udara, tanah, air yang berdampak pada masyarakat miskin yang tinggal didaerah kumuh yang menyebabkan gangguan kesehatan pada mereka.

Image 

Kemiskinan yang menyebabkan masyarakat mengonsumsi nasi aking.

 

 Image

Kekurangan gizi dipedesaan.

 

 Image

Kondisi desa yang menggantungkan kehidupan pada pertanian dan alam.

 

Image

Hutan yang rusak berdampak pada ekosistem.

 

 Image

Banjir disebabkan oleh perusakan hutan yang berimbas pada rakyat miskin.

 

 Image

Kerusakan hutan

 

Image

Pengambilan kayu di hutan yang merusak pelestarian.

 

 Image

Sebagian hutan terkikis.

 

Image

Mata pencaharian nelayan.

 

 Image

Mereka menggantungkan hidupnya dengan berlayar mencari ikan.

 

 Image

Kemiskinan dipesisir pantai.

 

 

Referensi:

http://www.worldbank.org/in/country/indonesia/overview

http://news.detik.com/read/2011/12/23/093742/1798201/471/illegal-fishing-antara-kesadaran-dan-kebutuhan

http://www.google.co.id/pictures

About saefaki

about me?
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s