Apa Arti Kemiskinan?

Kemiskinan adalah keadaan terjadinya ketidakmampuan memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan merupakan gambaran dari kondisi sulit seperti kekurangan materi, yang biasanya mencakup kebutuhan pangan sehari-hari, sandang, perumahan, kesehatan, kurangnya penghasilan dan kekayaan yang memadai. Kemiskinan bukan hal baru, kemiskinan adalah hal umum yang menyangkut masalah ekonomi, agama, sosial, politik, dah paham-paham lainnya. Kemiskinan tidak memandang usia, mulai dari balita, remaja, orang dewasa dan orang tua. Kemiskinan terjadi dimana-mana, dikota, didesa, dan di Negara seluruh dunia.

Kemiskinan disebabkan oleh beberapa faktor seperti   penyebab individual yang melihat kemiskinan sebagai akibat dari perilaku, pilihan, atau kemampuan dari si miskin, penyebab keluarga yang menghubungkan kemiskinan dengan pendidikan keluarga, penyebab sub-budaya yang menghubungkan kemiskinan dengan kehidupan sehari-hari, dipelajari atau dijalankan dalam lingkungan sekitar, penyebab agensi, yang melihat kemiskinan sebagai akibat dari aksi orang lain, termasuk perang, pemerintah, dan ekonomi.

Contoh kemiskinan sangat beragam karna disetiap daerah pasti ada kemiskinan. Pengemis dan pengamen, mereka meminta uang kepada org lain dengan menadahkan tangan dan bernyanyi di lokasi-lokasi umum seperti dijembatan penyebrangan, dijalanan, dikolong jembatan, dilampu merah, dibis, sekitar kampus, kantor, sekolah dan banyak lokasi lainnya. Contoh lain adalah penduduk yang tinggal dibantaran kali, dekat pembuangan sampah, dikolong jembatan, dan dilingkungan biasa yang kekurangan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Berikut adalah contoh potret kemiskinan :

 

Image

Anak-anak yang hidup dalam kemiskinan dan tidak memperoleh hak mereka untuk sejahtera.

 

Image 

Pemukiman kumuh yang tersebar dibanyak lokasi kemiskinan. Mereka tidak mempunyai rumah permanen, lahan atau tempat tinggal yg layak.

 

 Image

Keluarga yang tinggal ditengah-tengah kemiskinan.

 

 Image

Pengemis yang mengais rezeki. Tua renta, tak selayaknya mereka duduk sambil menadahkan tangan ditengah jalan, sepatutnya mereka duduk di sofa ditemani anak cucu mereka diujung usia.

 

 Image

Lagi-lagi, pemukiman non-permanen dan kumuh.

 

 Image

Para ibu yang mengantri pembagian sembako untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

 

 

Referensi :

http://ms.wikipedia.org/wiki/Kemiskinan

http://www.pkesinteraktif.com/edukasi/opini/2396-mengatasi-kemiskinan.html

http://www.google.co.id/pictures

About saefaki

about me?
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s